Berbagai manfaat dan kandungan-kandungan buah anggur bagi kesehatan tubuh

Berbagai manfaat dan kandungan-kandungan buah anggur bagi kesehatan tubuh
buah anggur yang kaya gizi dan bermanfaat untuk kesehatan

manfaat dankandungan-kandungan buah anggur bagi kesehatan tubuh-Manfaat anggur sudah banyak terkenal sejak dahulu . Anggur biasa disantap begitu saja atau sebagai bahan resep makanan atau juga bisa dijadikan sirup . Diwilayah Eropa sudah dibudidayakan anggur sekitar 6000  tahun yang lalu.Tanaman perdu ini, biasa hidup didaerah dengan intensitas yang cukup tinggi  dengan curah hujan yang rendah . sekitar 60 jenis varietas anggur, dikonsumsi oleh seluruh pelosok dunia.

Kandungan buah anggur

Anggur memiliki kandungan zat gizi yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Setiap varietas anggur memiliki nilai gizi tersendiri, namun secara umum kandungan nutrisi anggur terdiri dari 70 persen air dan 20 persen zat gula, yang menjadikan buah anggur sangat baik untuk metabolisme tubuh. 10 persen zat lain termasuk didalamnya :

  • ·         Asam galat
  • ·         Glukosa
  • ·         Asam fosfat
  • ·         Mangan
  • ·         Zat besi
  • ·         Sejumlah vitamin
  • ·         Kalsium
Senyawa lain seperti zat polifenol dan resveratol terkandung dalam anggur yang kita kenal sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan anggur menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh,untuk mencegah pembentukan sel penyebab terjadinya kanker.

Manfaat anggur mengatasi berbagai penyakit

Manfaat anggur mampu mencegah timbulnya penyakit pada tubuh. Hal ini disebabkan karena banyak nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam buah ini dan diperlukan oleh tubuh. Berikut ini beberapa contohnya
1                   .   Sumber gula darah yang baik
Tidak semua buah memiliki regulasi gula darah, seperti yang terdapat pada manfaat buah semangka memiliki kadar gikemik yang cukup tinggi sekitar 70-75, yang tidak terlalu cocok untuk dimakan  oleh orang yang memiliki masalah keseimbangan gula darah. Pada buah anggur hanya tersaji sekitar 43-45 kadar glikemik yang menunjukkan kadar glikemik yang rendah. Pada studi yang dikembangkan saat ini berkaitan dengan kandungan phytonutrisi di dalam anggur.
2                .       Bahan anti mikroba
Kandungan antioksidan umum seperti piceatannol dan resveratrol, menghasilkan fitonutrien di dalam anggur yang telah banyak dibuktikan sebagai zat anti mikroba. Pada penelitian memang belum menemukan bagaimana zat anti mikroba ini di dapat dari dalam buah anggur. Zat ini membantu tubuh dalam mencegah masalah yang terkait karena mikroba makanan.
3               .       Mencegah kanker payudara
Zat kimia dalam anggur yang bernma reservatrol akn bertugas untuk menyumbat perkembngan tumor ayau sel kanker dalam tubuh kita. Senyawa tersebut sebetulnya lebih menguntungkan wanita dalam hal pencegahan kanker payudara.
4             .       Mengobati sembelit
Sembelit atau istilah medisnya konstipasi adalah kondisi di mana sistem pencernaan manusia tidak dapat mengolah unsur makanan yang mengandung serat berlebih atau memiliki partikel substansi yang sulit dihancurkan sehingga zat sisa yang semestinya dikeluarkan menjadi tidak ada.
Dengan ketika BAB akan mengejan lebih keras dengan hasil yang nihil, untuk itu cobalah minum jus anggur ketika mengalami sembelit. Kansungan didalamnya akan membantu pergerakan usus dalam mencerna makanan menjadi lebih stabil dan lancar.
5            .       Meringankan sakit kepala sebelah
Tiba-tiba merasakan sakit kepala sebelah yang mencengkram dapat mengganggu aktifitas harian anda. Kalau sudah begitu , jangan terburu-buru minum obat karena anggur siap untuk membantu masalah anda itu, yaitu meredakan rasa sakit yang anda rasakan. Anda dapat membuat jus anggur namun tanpa air agar kandungan yang terserap oleh tubuh anda cepat memberi reaksi dalam penyembuhan migrain.
6.       Menjaga kesehatan jantung

Pada penelitian pada buah anggur menunjukkan ahwa kandungan zat resveratrol ini, memiliki kegunaan untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah, yang memberikan kesempatan untuk darah dapat mengalir lebih mudah.

Penelitian tersebut juga ditunjukkan saat keadaan tubuh yang santai, dengan dinding pembuluh darah yang lebih besar, sehingga menurunkan tekanan tekanan darah atau asaat darah mengalir melalui semua area tubuh dengan volume tekanan yang tinggi. Hal ini bermanfaat dalam penigkatan oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh.

7.       Sumber vitamin

Buah anggur merah menyediakan sumber vitamin yang baik untuk menjadga kesehatan tubuh. Setiap satu porsi buah anggur merah, memberikan sekitar 16 mg vitamin C, sekitar 27 persen (%) dari kebutuhan harian, pada diet 2000 kalori seperti manfaat buah  jeruk. Sejumlah vitamin lain juga ditemukan dalam buah anggur ini, seperti berikut ini :
·         22 mcg vitamin K (sekitar 28% dari nilai diet harian)
·         0,4 mg thiamin (27% dari nilai harian)
·         Vitamin E
·         Vitamin A, asam pantotenat
·         Vitamin b-6
·         Folat
·         Beta karoten
·         Alpha karoten
Vitamin membantu fungsi proses tubuh berjalan dengan benar yang akan mengurangi resiko masalah kesehatan tertentu.
8.       Kaya mineral
Manfaat buah anggur kaya akan sejumlah mineral penting, setiap satu porsi anggur merah menyediakan mineral seperti berikut ini :
·         288 mg kalium (yang juga ditemumkan dalam manfaat buah pisang)
·         0,2 mg tembaga
·         0,1 mg mangan
·         0,5 zat besi
Anggur merah juga mengandung beberapa mineral dalam kecil diantaranya kalsium, magnesium, seng, dan selenium.

9.       Manfaat kognitif

Buah anggur yang dikonsumsi sebagai asupan jus anggur oleh manusia, memberikan manfaat dalam mengoptimalkan kekuatan kognitif. Pada sebuah penelitian Concord terhadap konsumsi harian jus anggur sebanyak 1-2 minggu sekitar beberapa bulan, menunjukkan peningkatan nilai pada peserta penelitian di California Verbal Learning Test tersebut.
10.   Perlindungan tubuh dari radiasi
Kandungan nutrisi ampuh yang telah terbukti dapat melindungi tubuh terhadap terapi radiasi, saat digunakan sebagai pengobatan terhadap radiasi kanker.
11.   Membantu pemulihan otot
Anti oksidan yang kuat dapat mendukung sel-sel dan organ, dalam menghilangkan asam urat dan racun lainnya dari tubuh. Termasuk juga memberikan dukungan terhadap pemulihan cidera oto bagi para atlet.
Manfaat buah anggur untuk kulit
Selain buah anggur bak untuk ksehatan, manfaat buah anggur lainnya juga merawat kecantikan, yaitu sebagai berikut :
12.   Perlindungan terhadap kanker kulit
Pada banyak penelitian, zat resveratrol menunjukkan pengaruh positif terhadap perkembangan sel kanker. Resveratrol memberikan perlindungan terhadap kulit dari krusakan sinar UVB dari matahari, sehingga memberikan perlawanan terhadap kanker kulit.
13.   Melembabkab kulit
Buah anggur iris menjadi dua buah bagian, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih lima belas menit ( 15 menit). Gunakan secara rutin 2 kali sehari pagi dan malam sebelum anda tidur dan rasakanlah manfaat anggur yang memberikan kelembapaan alami kulit.
14.   Mencerah kan wajah
Wajah yang kusam, sangat mengganggu penampilan kita, nah buah anggur ini dapat membantunya. 1 sampai 2 buah anggur silahkan anda ambil dan kupas kulitnya, lalu remas dengan tangan. Campurkan dengan madu kurang lebih 2-3 tetes, kemudian oleskan ke wajah yang bersih. Diamkan paling kurang 15 menit, lalu bilas dengan air biasa.
15.   Masker penghilang jerawat
Berbagai jenis produk kecantikan mengenai wajah telah anda gunakan  untuk mengatasi jerawat pasir maupun jerawat batu diwajah, dan hasilnya masih nihil ?
Tentu anda yang salah, bukan dari produknya, tetapi bisa juga karena kulit wajah tidak cocok ataupun terlalu sensitif terhadap ransangan obat. Maka dari itu gunakanlah metodi yang alami, jus anggur pilihannya! Dengan menjadikan jus anggur sebagai masker wajah, berbagai permasalahan seperti bintiik hitam dan jerawat anda dapat teratasi. Di samping itu antioksidan dalam anggur akan memperlambat proses penuaan.

Mengenal jenis buah anggur

·         Buah anggur hitam
Buah anggur yang satu ini berwarna hitam dengan rasa yang sama dengan buah anggur yang lainnya. Segar, asam dan manis. Anggur hitam ini juga sangat bermanfaat bagi kesehatan-kesehatan unuk tubuh kita.
·         Buah anggur merah
Buah anggur merah juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan tubuh manusia. Kulit buah anggur juga baik untuk kesehatan dan kulit manusia karena mengandung resveratrol, kandungan resveratrol bersumber dari kateikin, quertin, flavanoid dan prosianidin.
·         Buah anggur hijau
Buah anggur hijau ini juga kaya akan mineral , potasium, magnesium, kalsium , zat besi, fosfor, dan selenium, sehingga tidak heran kalau buah anggur yang satu ini juga sangat baik bagi kesehatan manusia.
Nah itu lah sobat berbagai macam manfaat dan kandungan-kandungan dari buah anggur sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda dan semoga anda sehat selalu !

Salam,,,, Admin.

2 Responses to "Berbagai manfaat dan kandungan-kandungan buah anggur bagi kesehatan tubuh"

  1. ternyata manfaat buah anggur banyak banget ya, nggak salah saya suka buah anggur. hehe

    ReplyDelete
  2. ternyata banyak banget manfaatnya, thanks banget infonya
    http://obatasamlambungkronis.xyz/

    ReplyDelete