9 Khasiat jambu biji bagi kesehatan dan kandungannya

Manfaat jambu biji - Manfaat jambu biji yang munkin belum anda ketahui sama sekali akan kami bahas mengenainya . Jambu biji ini memiliki biji dalam buahnya yang cukup banyak, tak heran kalau buah ini dinamakan jambu BIJI . Buah ini dikenal dengan kandungan vitamin C-nya yang cukup banyak, sehingga banyak manfaat jambu biji bagi kesehatan anda. Jambu biji ini diberbagai wlayah Indonesia disebut dengan jambu klutuk dengan alasana buah yang jaya biji jika dimakan berbunyi klutuk-klutuk.
khasiat dan manfaat jambu biji
Jambu biij putih

Buah ini memiliki rasa yang ,anis saat sudah masak. Dan tentunya sangat mudah untuk mendapatkanya , di pasar tradisional jambu biji ini sudah banyak terjual. Jambu biji ada dua macam yaitu jambu biji yang buahnya merah atau jambu biji merah dan jambu biji yang buahnya berwarna putih yang disebut jambu biji putih. Dan tentunya mengenai manfaat kedua jambu biji ini tidak berbeda jauh hanya warnanya.


Kandungan jambu biji

Jambu biji adalah buah yang kaya vitamin C . Bahkan banyak yang bilang vitamin C dari jambu biji dengan vitamin C buah jeruk lebih banyak di jambu biji.  Namun bukan hanya vitamin C saja banyak mineral yang terkandung dalamnya.

Berikut adalah kandungan jambu biji dalam jumlah 100 gram jambu biji :
  • Energi 49 kal
  • Lemak 0,9 gram
  • Protein 0,3 g
  • Kabohidrat 12,2 mg
  • Serat  5,6 g
  • Kalsium 14 mg
  • Fosfor 28 mg
  • Zat Besi 1,1 mg
  • Vitamin A 25 IU
  • Vitamin B1 0,02 mg
  • Vitamin C 87 mg
  • Air 86 gram

Manfaat jambu biji untuk kesehatan.

Berikut ini ada beberapa manfaat jambu biji bagi kesehatan anda yang mungkin anda belum mengetahuinya :

1. Mampu mengatasi diabetes.

Kandungan serat yang tinggi dalam jambu biji ini mampu membantu dalam penyerapan gula dalam tubuh , sehingga anda akan sedikit terhindar dari penyakit diabetes. Menurut penelitian yang ada mengkonsumsi jambu biji dengan teratur dapat mencegah penyakit diabetes tipe-2.

2. Menyehatkan mata.

Berkenaan dengan vitamin A , didalam jambu biji ini juga mengandungnya. Sehingga buah ini juga bermanfaat bagi kesehatan mata anda. Namun mengenai kesehatan mata yang berkenaan dengan vitmin A ini wortellah yang lebih unggul.
Baca juga artikel ini bagi mata => Manfaat wortel si orange yang kaya vitamin A 

3. Menyehatkan pencernaan.

Dalam jambu biji ini terdapat kandungan yang dinamakan lycopene yang sangat bagus untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Maka konsumsilah jambu biji ini dengan teratur agar masalah pencernaan anda menjadi lebih sehat.

4. Mampu mencegah penuaan dini.

Kandungan zat antioksidan dalam jambu biji ini berguna untuk mencegah stress yang diakibatkan penuaan dini dan juga untuk menetralkan radikal bebas.

5. Mengurangi hipertensi.

Manfaat jambu juga bisa membantu mengurangi kolestrol didalam darah. Jambu biji sangat banyak mengandung serat dan hipoglikemik yang dapat membantu menurunkan tekanan darahdan memicu tekanan jantung agar lebih baik sehiingga jantung tetap sehat dan terhindar dari beberapa penyakit jantung.

6. Meningkatkan imunitas tubuh.

Vitamin C yang tinggi dalam jambu biji ini sangatlah bermanfaat untuk kekebalan tubuh manusia . Vitamin C sangat ampuh untuk menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit.

7. Mampu mencegah kanker.

Jambu biji ini memang efektif untuk mencegah kanker, dikarenakan jambu biji imi  mengandung antioksidan beruppa flavonoid dan fitonutrien. Dan juga didalam jambu biji ini terdapat kandungan vitamin C yang tinggi yang bisa menetralkan radikal bebas yang diakibatkan karena kanker.

8. Meningkatkan darah.

Jambu biji ini juga bisa menambah jumlah sel darah merah anda , ya karena jambu biji ini mengandung vitamin E, K, folat , niasin, mangan, tembaga, magnesium dan asam panthothenic yang bermanfaat menambah jumlah sel darah merah anda .

9. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A dalam jambu biji ini membuat jambu ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit anda. Yang mampu mengeluarkan antioksidan sehingga kulit anda dapat terjaga tetap sehat dan segar. 

Semoga bermanfaat bagi anda , dan hanya itulah yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat jambu biji bagi kesehatan . Jika bermanfaat mohon anda berkenan share artikel ini.

thanks !

Baca juga artikel berikut :

4 Responses to "9 Khasiat jambu biji bagi kesehatan dan kandungannya"

  1. ternyata banyak juga khasiat nya..

    ReplyDelete
  2. jambu klutuk ternyata banyak manfaat. jadi inget dulu di deket rumah ane ada pohon jambu klutuk, jadi kalo mau makan tinggal petik aja. tapi sekarang pohonnya udah gak ada :(

    ReplyDelete
  3. emang mantap nih buah jambu biji. yang buat dbd itu jambu merah ya?

    ReplyDelete
  4. Happy Friday para member setia AGENS128, oke gengs kali ini kami akan memberikan info menarik untuk kalian semua para pemain sabun ayam online yang mungkin sedang mencari agen sabung ayam yang memberikan PROMO 8X WIN BERUNTUN, jadi kami sarankan kalian bisa bermain di agen AGENS128, karena kami memberikan promo ini secara cuma cuma kalian hanya bisa bermain saja dan menangkan sebanyak 8X beruntun, kalian bisa langsung klaim dan bonus Rp 1.280.000 akan kami masukan ke dalam id kalian semua, Informasi selanjutnya hubungi kami sekarang juga .

    Untuk keterangan lebih lanjut, segera hubungi kami di:
    BBM : D8B84EE1 atau AGENS128
    WA : 0852-2255-5128

    Ayo tunggu apalagi !!

    ReplyDelete