Kandungan dan manfaat buah nangka bagi kesehatan


                Kandungan dan manfaat buah nangka bagikesehatan - Haloo sobat, ok kita bertemu kembali dengan blog ini, mari kita simak tentang nangka yang katanya berkhasiat bagi tubuh kita.
Tidak kalah khasiat dengan buah-buah yang lainnya , buah nangka juga memiliki banyak khasiat yang dapat kita manfaatkan sebagai penyehat badan kita. Buah nangka ini memiliki nama latin  artocarpus heterophyllus. Buah ini memiliki rasa yang begitu unik dengan warna kekuningan saat sudah masak. Buah ini memiliki kulit yang berduri, namun duri dari kulit buah ini tidaklah tajam, buah ini sangat mengandung banyak getah, namun banyak yang rela kena getahnya karena untuk mendapatkan rasa yang unik dari buah ini. Saat buah ini masih muda warna dari buah ini adalah hijau, namun kita bisa membedakan mana buah nangka yang sudah masak , dan mana buah nangka yang masih muda, yap, dengan warna dan baunya. Bau dari buah ini sangat khas sehingga kita dapat mudah untuk membedakannya antara buah nangka yang masak dan mana buah nangka yang masih muda.
buah nangka

Saat masih muda buah ini sering dijadikan sayuran-sayuran yang juga enak rasanya. Buah ini memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Nah untuk itu postingan ini saya tulis , agar kita mengetahui apa yang dikandung oleh buah nangka dan manfaat apa yang bisa kita peroleh dari mengkonsumsinya. Namun saya sarankan jangan terlalu sering atau banyak mengkonsumsi buah ini, yap, buah ini mengandung gula dan serat yang amat tinggi. Jadi kalau sobat mengkonsumsi buah ini berlebihan bukan sehat yang sobat dapatkan tapi malah bikin perut sobat sakit.
Nangka adalah pohon besar yang dapat tumbuh mencapai ketinggian 32-36 meter, dalam satu musin buah nangka, satu dari pohon nangka mampu menghasilkan buah hingga 250an buah. Ukuran buah nangka ini mulai dari 2,5-25kg, dan bentuknya bulat memanjang yang berukuran 10 cm sampai 70 cm, 25-75 cm. Buah nangka memiliki biji seukuran 2-3cm seperti buah durian, hanya saja biji buah nangka agak panjang.

KANDUNGAN GIZI BUAH NANGKA SECARA TERPERINCI

                Kandungan buah nangka tidak kalah dengan buah-buah lainnya . buah ini juga sangat bergizi bagi tubuh kita , ya tentu saja karena banyak kandungan-kandungan nutrisi , vitamin dan lainnya yang diperlukan tubuh kita. Namun selain bergizi mengandung berbagai nutrisi buah ini bisa membuat sakit perut. Mengapa demikian ? ya , tentu karena pola makan anda yang bisa saja tidak teratur yang disebabkan terlalu banyak memakannya, mengapa bisa sakit ? ya , karena buah ini memiliki banyak gula.
Nilai gizi nangka gizi per 100 g. (Sumber:USDA)
  • -          Energi 95 kcal 5%
  • -          Karbohidrat 23,5 g 18%
  • -          Protein 1,72 g 3%
  • -          Total lemak 0.64 g 3%
  • -          Kolestrol 0%
  • -          Diet serat 1,5 g 4%

Vitamin
  • -          Folat 24 mg 6%
  • -          Niacin 0.92 mg 6%
  • -          Pyridoxine 0.329 mg 25%
  • -          Riboflavin 0.055 mg 4%
  • -          Thiamin 0.1 mg 9%
  • -          Vitamin a 110 IU 3,5%
  • -          Vitamin C 13,7 mg 23%
  • -          Vitamin E 0,34 mg 2%

Elektrolit
  • -          Sodium 3 mg 0%
  • -          Kalium 303 mg 6,5%

Mineral
  • -          Kalsium 34 mg 3,4 %
  • -          Besi 0,6 mg 7,5 %
  • -          Magnesium 37 mg 9%
  • -          Mangan 0,19 mg 8,5%
  • -          Fosfor 36 mg 5%
  • -          Fosfor 21 mg 3%
  • -          Selenium 0,6 mg 1%
  • -          Zinc 0,42 mg 4%

                Kandungan-kandungan yang dimiliki oleh buah nangka ini dangat banyak berperan dalam tubuh kita. Tubuh kita juga banyak memerlukan nutrisi yang dikandung oleh buah nangka ini. Berikut ini adalah berbagai macam manfaat buah nangka untuk kesehatan.


  • -          Untuk membantu pencernaan tubuh
Ini karena buah nangka memiliki sifat anti-ulkus yang membantu penyembuhan borok dan gangguan pecernaan .kndungan tinggi serat buah nagka ini pun dapat mencegah penyakit sembelit serta mmebantu pergerakan dari usus halus. Serat juga memberikan perlindungan terhadap membran mukosa usus besar dengan cara mengusir bahan kimia karsinogenik dari usus besar .

  • -          Menjaga kesehatan mata dan kulit
Hal ini dikarenakan buah nangka mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit, vitamin a juga mencegah terjadinya penyakit mata sepertirabun senja dan lain-lain.

  • -          Membantu menjaga tulang
Buah nangka kaya akan magnesium , nutrisi ini penting sekali untuk penyerapan kalsium . dan hal inilah yang dapat menjaga kesehatan tulang dan memperkuatnya sekalipun.

  • -          Meningkatkan energi
Buah nangka memiliki kandungan gula seperti sukrosa dan fruktosa yang memberikan energi jika diperlukan oleh tubuh .

  • -          Menurunkan tekanan darah
Buah nangka mengandung kalium yang dapat menrunkan tekananan darah yang tinggi ,, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit stroke dan serangan jantung .

  • -          Menjaga kesehatan tiroid
Buah nangka mendandung tembaga, tembaga sangat berperan penting dalam metabolisme tiroid, terutama untuk produksi hormon dan penyerapan.
Gimana banyak bukan manfaat buah nangka bagi kesehatan tubuh kita ?, konsumsilah buah ini dengan cara yang teratur, agar tubuh kita tetap sehat dan kuat, setiap buah-buahan memilki rasa yang berbeda-beda dan begitu pula kandungan-kandungannya, nah kita lanjut ke bawah bagaimana cara mengkonsumsi buah nangka ini dengan benar .


MENGKONSUMSI BUAH NANGKA

                Mengkonsumsi buah nangka  janganlah terlalu banyak dan sering , kalau saya sarankan cukup 1 minggu sekali, karena buah ini banyak mengandung gula dan serat, yang bila terlalu berlebihan singgap ditubuh anda maka akan menyebabkan sakit perut. Makan saja secukupnya.
                Ingat buah ini memilki getah yang lengket, sebelum mau memakannya lumuri tangan anda dengan minyak agar tangan anda tidak lengket. Untuk mendapatkan rasa yang unik dari buah ini anda harus berkorban, ya , berkorban dengan tangan yang lengket , hehe. Ingat konsumsilah buah ini dengan sangat teratur, jika anda tidak dapat mengkonsumsinya dengan teratur maka anda tidak akan mendapatkan manfaat-manfaat yang buah nangka ini kandung.

CARA MEMPEROLEH BUAH NANGKA

Buah nangka sendiri sangat mudah untuk mendapatkannya, walaupun memang buah ini bisa muncul ketika musimnya berbuah, namun kita bisa mendapatkan buah nangka ini dari pasar-pasar tradisional. Nah sobat yang ingin mengkonsumsinya silahkan cari saja di pasar-pasar tradisional kemungkinan besar pasti ada.

CARA PENYIMPANAN BUAH NANGKA

                Buah nangka memang terasa unik di lidah karena masak buah ini secara alami dan tidak bisa kita buat-buat, hehe. Buah ini bersifat tidak tahan lama, yah itulah namanya buah alami. Untuk menyimpannya jika anda ingin , simpan saja dikulkas. Memang menyimpan dikulkas aman, buah akan tahan lama , namun cita rasanya yang akan berbeda dan berubah, sudah pasti rasa unik dari buah ini akan berkurang.

KESIMPULAN

Buah nangka memang memiliki kandungan yang begitu banyak, dan begitu pula manfaatnya bagi kebutuhan nutrisi dalam tubuh kita, namun yang harus kita hindari adalah jangan terlalu berlebihan mengkonsumsinya, jika anda salah dalam cara mengkonsumsinya , maka anda akan merasakan sakitnya perut , dan bukan manfaat yang anda dapatkan. Untuk itu konsumsilah buah ini dengan teratur dan anda akan bisa merasakan apa yang buah ini kandung , dan tentu kesehatan anda akan anda dapatkan ya mesty bukan karena buah ini saja , namun anda juga perlu untuk rutin berolah raga.
Baca juga artikel berikut :

Sekian pembahasan masalah buah nangka , semoga bermanfaat dan slalu jaga kesehatan tubuh anda.

Salam,,,,admin

11 Responses to "Kandungan dan manfaat buah nangka bagi kesehatan"

  1. Waah ternyata buah nangka bisa membantu menjaga tulang.. Makasih infonya..

    ReplyDelete
  2. ternyata buah nangka banyak kandungan gizinya selain buahnya manis juga enak makasih infonya gan...

    ReplyDelete
  3. ini buah yang paling saya suka, selalu gk tahan jika memandangnya

    ReplyDelete
  4. Baru tahu ternyata nangka bisa mengatasi sembelit :D
    kukira cuman pepaya doang uehehe
    thanks yah min infonya (y)

    ReplyDelete
  5. wah banyak banget manfaatnya
    jadi pengen :D

    ReplyDelete
  6. Wah serius ane suka banget makan nangka, ternyata banyak manfaat dan gizinya.

    ReplyDelete
  7. nangka enak apalagi bulan puasa :), BW

    ReplyDelete
  8. Saya kurang suka sih buah nangka, tapi banyak manfaat dan gizinya juga ternyata. Jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  9. wah ada manfaatnya juga ya buat mata

    ReplyDelete
  10. wahh bermanfaat sekali infonya...

    ReplyDelete