Kandungan dan manfaat buah pisang bagi kesehatan



                      Kandungan dan manfaat buah pisang bagi kesehatan- Manfaat pisang sudah tidak diragukan lagi, hal ini disebabkan pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di indonesia. Hampir disetiap pelosok daerah terdapat berbagai macam pisang. Bahkan disetiap kebun-kebun terdapat  setidaknya 1 buah pohon pisang. Buah yang satu ini memang multi guna, berbagai jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya. Buah ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai jenis masakan contohnya adalah pisang aroma, keripik pisang, pisang goreng keju, pisang molen, puding pisang, dan masih banyak yang bisa diciptakan dari buah pisang ini. Itu disebabkan buah ini mudah di olah , dan kali ini kita akan membahas kandungan dan manfaat buah pisang bagi kesehatan.  
buah pisang

KANDUNGAN DARI BUAH PISANG

                Pisang, pisang adalah salah satu buah yang banyak dikonsumsi oleh seluruh dunia untuk alasan yang baik. Buah kunign yang berbentuk melengkung yng dibungkus dengan segudang gizi besar. Pisang tumbuh setidaknya di sekitar 106 negara dan menempati peringkat keempat diantara dunia pangan yang dinilai secara moneter.
                Manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengkonsumsi  buah piang ini termasuk menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Rincian gizi pisang ukuran sedang (sekitar 126 gram) dianggap satu orsi. Satu porsi pisang mengandung mengandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan berbagai vitamin dan mineral sebagai berikut :
·         Vitamin b6 – 0,5 mg
·         Mangan – 0,3 mg
·         Vitamin c – 9 mg
·         Kalium – 450 mg
·         Serat – 3g
·         Protein 1g
·         Magnesium 34 mg
·         Folat 25 mcg
·         Riboflavin – 0,1 mg
·         Niacin – 0,8 mg
·         Vitamin A – 81 IU
·         Besi – 0,3 mg
Asupan pisang yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 4700 miligram per hari. Manfaat pisang sangat baik untuk kesehatan.

Paragraf 3

MANFAAT BUAH PISANG BAGI KESEHATAN

                Menambahkan pisang dalam menu diet harian, memiliki berbagai manfaat dalam tubuh. Pisang membantu tubuh mencapai tujuan penurunan berat, menjaga perut tetap sehat, memberikan nutrisi yang mengatur irama jantung dan memiliki senyawa vitamin untuk kesehatan mata. Namun berikut adalah rincian-rincian manfaaat buah pisang bagi kesehatan tubuh.
1.       Melancarkan peredaran darah
Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk peredaran darah. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan darah. Hal ini dapat menekan resiko  stroke yang menyebabkan timbulnya gejala penyakit jantung.
2.       Membantu pencernaan pada usus
Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik untuk mengurangi resiko sembelit. Tidak perlu menggunakan obat pencahar , cukup konsumsi saja buah pisang. Mencampur pisang dengan segelas susu, membantu mengurangi resiko penyakit usu seperti yang berbahaya seperti terjadinya kanker usus besar. Pisang digunakan untuk menahan inflamasi karena proses tersebut dapat dipercepat dengan vitamin C pisang.
3.       Menjaga kesehatan mata
Manfaat pisang mmbantu menjaga kesehatan mata. Pisang memiliki sejumlah vitamin A, yang kuat larut dalam lemakdan sangat penting dalam perlindungan kesehatan mata. Senyawa ini melestarikan membran yang mengelilingi mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea. Asupan vitamin A yang cuup juga mengurangi resiko kebutaan dan sangat penting untuk penglihatan sehari-hari.
                Wanita membuatuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram satu buah pisang sebesar 6 inci,memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.
4.       Menormalkan fungsi jantung
Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya minral yang disebut elektrolit kalium. Ketika elektrolit kalium ini masuk ke dalam tubuh, akan langsung kedalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel diseluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.
                Proses ini terus mengalir diseluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah , irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.
               

                Manfaat pisang untuk pengobatan

Kandungan buah pisang yang kaya nutrisi ini, juga memberikan manfaat sebagai media pengobatan seperti berikut ini :
1.       Anemia
Kandungan FE (zat besi ) menjadikan buah ini baik dikonsumsi oleh penderita yang mengalamai penyakit kurang darah (anemia). Konsumsi 2 buah pisang dalam sehari.
2.       Asma
Sebuah studi yang dilakukan oleh imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang perhari memiiki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.
3.       Liver
Buah pisang yang dicampur dengan madu , memberikan stimulan untuk nafsu makan bagi penderita liver.
4.       Diabetes
Pnelitian telah menunjukkan bahwa diabetes tipe 1, yang mngkonsumsi diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah dan meningkatkan lipid dan insulin. Satu pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 3 gram serat .
5.       Diare
Jenis makanan seperti caus apel dan pisang, direkomendasikan untuk perawatan diare. Elektrolit seperti kalium, akan hilang dalam jumlah besar selama masa diare, sehingga dapat membuat penderita yang terkena dampak merasa lemah.

MANFAAT PISANG LAINNYA

1.       Manfaat pisang mampu menyehatkan otak
Pisang sebagai sarapan i kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Sampurkan potongan pisang pada sereal, memberikan  sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktifitas. Sebuah penelitian yang diikuti oleh 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak menjadikan menu pisang pada sarapan. Kandungan kalium pada pisang, memberikan stimulun pada otak. Pada bayi yang baru memulai makan makanan padat, pisang menjadi pilihan terbaik untuk mmperkembangkan otak sang bayi.
2.       Manfaat pisang baik untuk ibu hamil
Seorang ibu yang sedang hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang sedang ia kandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar 85-100 kalori terkandung dalam pisang ini. Hal ini penting untuk memberikan sel-sel baru pada sang janin. Selain itu pisang juga dapat mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diperlukan juga mengkonsumsi kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat kacang hijau dan manfaat kacang merah.

KESIMPULAN

                Manfaat pisang mencakup banyak hal, mulai pada kebutuhan asupan makanan sehari-hari, media pengobatan hingga untuk ibu yang sedang hamil. Mulailah menjadikan pisang sebagai salah satu menu makanan anda.
 Paragraf 4

                Itulah rincian-rincian kandungan dan manfaat pisang bagikesehatan tubuh kita, semoga apa yang saya jelaskan tadi bermanfaat bagi sobat, dan semoga sobat selalu diberikan nikmat berupa kesehatan haqiqi, saya si admin,,salam,,,,

6 Responses to "Kandungan dan manfaat buah pisang bagi kesehatan"

  1. Pisang sangat banyak manfaatnya dan termasuk buah yang ada dalam al-qur'an

    ReplyDelete
  2. Buat stamina nih pisang:)

    ReplyDelete
  3. manfaat ny baik juga buat tubuh

    ReplyDelete
  4. hah!! bisa ngobatin asma?! ane baru tau gan nice info

    ReplyDelete
  5. Mantap, Pisang memang bagus buat kesehatan mata gan

    ReplyDelete