Manfaat Belimbing untuk kesehatan, untuk kecantikan dan kandungannya

buah belimbing
Manfaat Belimbing untuk kesehatan, untuk kecantikan dan kandungannya-Buah belimbing adalah buah yang berasal dari wilayah negara yang beriklim tropis. Bila sudah matang buah ini memiliki warna kekuningan dengan bentuk buah yang digemari oleh masyarakat. Buah ini rasanya sangat menyegarkan, sehingga buah ini sering dijadikan berbagai resep makanan.

Selain kita memandang dari rasanya namun kita juga harus memandangnya dari sisi kemanfaatannya bagi tibuh kita semua, nah untuk mengetahuinya yukk,,, kita simak berbagai kemanfaatan buah belimbing untuk kesehatan tubuh kita .

Manfaat buah belimbing bagu kesehatan

  • Manfaat buah belimbing untuk pencernaan
Buah serta kulit belimbing memberikan  pasokan serat membantu mencegah penyerapan kolestrol LDL pada makanan dalam usus. Serat juga akan membantu melindungi selaput lendir usus dari paparan zat beracun dengan mengikat bahan kimia penyebab kanker diusus besar. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.

  • Manfaat buah belimbing mencegah kanker
manfaat buah belimbing ini memberikan vitamin C yang merupakan pencegahan terhadap serangan gejala kanker. Belimbing mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C adalah antioksidan alami yang kuat. Sekitar 100 gram buah belimbing akan memberikan 34,7 mg atau sekitar 57% asupan vitamin C yang dibutuhkan setiap harinya. Secara umum buah-buahab yang mengandung vitamin C ini akan membantu tubuh manusia mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi, radikal bebas dan anti inflamasi bagi tubuh.

  • Kaya antioksidan
buah blimbing ini sangat kaya dengan kandungannya antioksidan seperti flavonoid polifenol. Beberapa jenis flavonoid yang penting ini termasuk quercetin, epicathechin, dan juga asam galat. total polivenol dalam buah blimbing ini mencapai 43 mg / 100 g. Senyawa ini membantu melindungi dari efek kerusakan akibat radikal bebas.

  • Meningkatkan kerja enzim
Manfaat blimbing selanjutnya adalah meningkatkan kerja enzim, ya tentu. Buah blimbing ini adalah buah yang juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti folat, riboflavin, dan piridoksin (vit B-6). Secara bersama-sama, vitamin ini membantu sebagai co-faktor enzim dalam metabolisme serta mendukung berbagai fungsi sintetis dalam tubuh kita.

  • Mengatasi gangguan ginjal
jika seseorang memiliki keluhan gangguan ginjal, maka buah belimbing ini dapat dikonsumsi karena buah belimbing ini mempunyai konsentrasi yang tinggi terhadap asam oksalat. Para ilmuwan menganggapnya sebagai senyawa anti nutrisi, seperti mengganggu penyerapan dan metabolisme beberapa mineral alami seperti kalsium, magnesium dan sebagainya.

  • Mengatasi tekanan darah tinggi
Buah belimbing ini mengandung sejumlah mineral dak elektrolit seperti kalium , fosfor, seng dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Dengan demikian, akan menekan pengaruh buruk dari sodium. Penyembuhan hipertensi banyak dilakukan dengan terapi beklimbing, dengan mengkonsumsinya secara rutin.

  • Mengurangi kadar kolestrol jahat
Pada buah belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolestrol  dalam darah. Pektin mengikat kolestrol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.


Manfaat buah belimbing bukan hanya untuk kesehatan semata, namun, buah belimbing ini juga bisa kita manfaatkan untuk urusan kecantikan, berikut ulasannya:

Manfaat buah belimbing untuk kecantikan 

Seperti kandungan baik yang sudah dijelaskan sebelumnya, belimbing mampu mencegah dan menangani berbagai permasalahan kesehatan. selain itu manfaat belimbing juga dapat kita gunakan sebagai media kecantikan...berikut contohnya:
  • Vitamin B kompleks sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan membantu dalam menjaga rambut kuat dan sehat, banyak tersedia dalam buah belimbing.
  • belimbing memberikan nutrisi lain yang baik utnuk rambut.Belimbing adalah obat alami yang sangat baik untuk rambut rontok, karena merupakan sumber antioksidan yang baik dan vitamin C yang dapat membantu menunda proses penuaan.
  • Makan buah belimbing atau menggunakan belimbing langsung pada kulit yang berjerawat atau kulit berminyak sebagai masker wajah.
  • Belimbing mengandung seng yang mengurangi kecenderungan jerawat. ini sepenuhnya direkomendasikan untuk orang dari orang dari segala usiakarena memiliki efek antimikroba.

Sudah banyak yang kami paparkan mengenai manfaat-manfaat buah belimbing, namun kita belum tahu apa sich yang dikandungnya dengan jelas , apa saja kandungan gizinya ?, berikut kandungannya .

Kandungan gizi buah Belimbing

Kandungan buah belimbing yang paling melimpah adalah vitami C , seperti yang dikandung  pada  manfaat jeruk, manfaat lemon dan manfaat jambu biji. Vitamin A pada belimbing menghasilkan antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat-zat lain , seperti mineral, folat, fiber (serat), berikut ini beberapa diantaranya :

  • kalori-Satu porsi belimbing setara dengan 2 persen nilai harian untuk kalori, dengan asumsi diet harian 2,000 kalori. karbohidrat menyediakan sekitar 30 kalori dalam suatu porsi buah belimbing.
  • karbohidrat-Belimbing mengandung 9,5 g karbohidrat per porsi, termasuk 2,5 g serat makanan. Belimbing memberikan 3 persen dari nilai harian karbohidrat dan 10 persen dari kebutuhan serat harian.
  • Protein dan lemak-satu buah belimbing ini mengandung 1 gram protein , yang merupakan 2 persen  dari kebutuhan harian. Belimbing juga memiliki 1 gram lemak , yang menyediakan sekitar 2 persen dari nilai harian. kadar lemak ini seluruhnya terdiri  dari lemak tak jenuh.buah belimbing tidak memiliki lemak jenuh , lemak trans ataupun kolestrol.
  • vitamin dan mineral - dalam satu belimbing mengandung 24 mg vitamin C, atau 40 persen (%) dari nilai harian untuk vitamin C, menyediakan 15 persen kebutuhan harian vitamin A. kandungan zat besi dalam buah belimbing sekitar 0,36 mg, atau 2 persen dali nilai harian.Belimbing mengandung kalsium, kalium atau natrium.

Berbagai manfaat buah belimbing dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya , namun kita juga harus bijak mengkonsumsinya, belimbing terasa manis karena kandungan glukosanya, sehingga tidak baik jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan. konsumsi buah beragam dapat lebih baik , dari pada hanya satu yang berlebihan.

ingatlah jaga pola makan anda, buat yang teratur jangan sampai anda makan hanya memikirkan rasanya , namun yang lebih penting anda pikirkan dari maknan adalah kandungannya.

hanya itu yang dapat kami sampaikan kepada anda ..salam,,,admin

( ingat ! buahote.blogspot.co.id )

0 Response to "Manfaat Belimbing untuk kesehatan, untuk kecantikan dan kandungannya"

Post a Comment