Manfaat buah apel untuk kesehatan , dan apel untuk diet | apa manfaat apel ?

Manfaat buah apel untuk kesehatan , dan apel untuk diet - halo para sahabat sehat... tahu kah anda mengenai apel ? apa manfaat buah apel ? untuk menjawab pertanyaan tersebut mari kita simak dari pembahasan artikel berikut ini, semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menjaga kesehatan : 
Manfaat buah apel untuk kesehatan , dan apel untuk diet | apa manfaat apel ?
manfaat buah apel

Kandungan buah apel

buah apel adalah buah yang saya rasa memiliki rasa yang begitu enak untuk dimakan, ya alasannya adalah buah ini , buah yang saya sukai nomor dua setelah buah salak,,hehe, ya benar saya suka buah salak, untuk itu yang kenal saya seing-sering bawa salaknya untuk ane,,hehe. buah ini selain memiliki rasa yang variasi juga mempunya berbagai macam kandungan gizi , untuk lebih jelasnya inilah kandungan dari buah apel:

kandungan buah salak per 100 gram
  • provit A 14 mg
  • vit C = 2mg
  • vit B1 = 0,03 mg
  • vit B2 = 0,01 mg
  • Niasin = 0,3 mg
  • kalium  = 83 mg 
  • kalsium = 7 mg
  • natrium = 
  • besi = 0,2 mg
  • fosfor = 9 mg
  • serat = 2 g

Manfaat buah apel untuk kesehatah

Tidak perlu untuk kita meragukan khasiat buah apel ini, manfaat buah apel juga sangat bagus dan tentunya bukan hanya omong kosong belaka. Apel ini sungguh sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh manusia . untuk membanhasnya , berikut adalah beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan manusia.

  • Membantu kerja usus halus

Pencernaan tidak akan terlepas dengan yang namanya usu halus yang tugasnya adalah memproses makanan yang kita makan dan tentunya juga bertugas mengambi nutrisi yang dikandung oleh makanan yang kita makan. Mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan, dapat kita lakukan dengan mengkonsumsi buah apel ini dengan secara teratus dan sesuai kebutuhan.

  • Mengurngi resiko gangguan pernapasan

Didalam penelitian baru-baru ini anak-anak yang sering mengkonsumsi jus apel sangat jauh dari resiko gangguan pernapasan. Tidak hanya itu, ibu hamil pun yang sering mengkonsumsi buah apel dengan teratur juga dapat mengurangi gangguan pernapasan dalam kandungannya dan membantu pernapasannya.

  • Memberikan  perlindungan pada tulang

Apel mengandung flavonoid atau phloridzin, kandungan ini bermanfaat untuk mengurangi masalah osteoporosis pada wanitapasca monopouse. Buah apel juga mengandung Boron , dan boron ini bermanfaat untuk memperkuat tulang pada tubuh agar tulang kita tidak mudah keropos. Dan juga mengurangi penyakit rematik.

  • Menyehatkan rongga mulut dan gigi

Buah apel ini juga bisa berfungsi untuk kesehatan mulut dan gigi, mengkonsumsi buah ini dengan mengunyahnya secara langsung akan merangsang produksi air liur yang dapat membersihkan rongga mulut. Buah apel juga mengandung zat tanin , zat tanin ini berfungsi untuk membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

  • Mengontrol gula darah

Galacturonic acid disuplai apel untuk menutunkan kinerja tubuh dalam melepaskan hormon insulin. Maka dari itu, buah apel ini sangat baik bagi anda-anda yang memiliki riwayat penyakit genetik terserang diabetes agar tidak tambah dan jadi serius.

  • Kesehatan otak

Buah apel ini telah terbukti dapat digunakan melindungi sel-sel neutron yang dapat mencegah dari stres yang disebabkan oleh neurotoksisitas dan memainkan peran penting dalam mengurangi resiko gangguan neurodegenerative, seperti penyakit alzheimer.

  • Mencegah dan mengobati kanker

Pada kulit apel terdapat senyawa triterpenoids, yang telah diujicoba dan diteliti oleh Cornell University, diketahui mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, liver, dan gejala kanker usus bersar.
Selain itu, apel mengandung beberapa zat yang dapat membantu mengurangi reiko kanker, termasuk aktifitas anti mutagenik, aktifitas antioksidan, mekanisme anti inflamasi, antiproliferatif dan proses apoptosis-inducing yang diterbitkan pada jurnal Planta Medica.

  • Manfaat buah apel untuk mencegah parkinson

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan buah-buahan dan makananan berserat tinggi lainnya mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit parkinson. Penyakit ini ditandai dengan gangguan memproduksi dopamin unutk sel-sel syaraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkannya dengan kekuatan antioksidan yang berfungi melawan berbgai jenis radikal bebas.

  • Manfaat buah Menurunkan kolestrol

Bagii anda yang gemuk atau LDL yang tinggi sebaiknya beralih pada buah apel ini. Serat larut ditemukan pada buah apel dapat mengikat lemak dari usus, yang diterjemahkan dalam fungsinya untuk menurunkan kadar kolestrol.

  • Manfaat buah apel untuk Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolestrol di arteri. Fenolik, senyawa yang ditemukan dalam kulit apel juga mencegah kolestrol yang masuk ke sistem dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke penyakit jantung koroner. Plak ini dapat membersihkan dengan bantuan serat larut yang ada pada apel.

  • Manfaat buah apel mncegah batu empedu

Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolestrol dalam empedu sehingga ia cenderung mengeras. Efek jangka pendenya adalah sangat memungkinkan anda akan obesitas, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk mmbantu anda mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh. Apel sebagai salah satu buah super yang memiliki kandungan serat tinggi sangat baik untuk kesehatan.

  • Mengatasi diare dan sembelit

Apakah anda tidak bisa pergi kekamar mandi (sulit BAB) atau tidak bisa berhenti dari kamar mandi (diare) ? serat yang ditemukan dari buah apel dapat membantu mengatasi kedua masalah ini walaupun masing-masing bertolak belakang. Serat baik dapat menarik air keluar dari usus untuk menjaga komponen didalamnya untuk bergerak sepanjang hari untuk mendukung sembelit. Serat ini juga dapat menyerap kelebihan air dari kotoran yang artinya dapat membantu anda dalam proses diare.

  • Manfaat buah apel untuk detoksifikasi hati

Detoksidikasi adalah salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dari hati. Setiap hari dizaman yang semakin maju kita tidak pernah terlepas dari mengkonsumsi bahan yang mengandung racun apakah itu dari minuman dan juga bisa jadi dari makanan. Fungsi hati bertanggung jawab untuk membersihkan  racun ini dari dalam tubuh manusia. Kandungan antioksidan dapat mmebantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dari tubuh.

  • Manfaat buah apel mencegah katarak

Untuk manfaat buah apel satu ini , meskipun penelitian sebelumnya belum terlalu yakin mengenai manfaat apel untuk katarak. Namun studi jangka panjang baru-baru ini  menunjukan bahwa orang-orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 samapi dengan 16 persen lebih kecil kemungkinan memiliki penyakit katarak.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Penelitian terbaru telah menemukan bahwa quercetin dapat membantu meningkatakan dan membantu sistem kekebalan tubuh , terutama ketika pikiran sedang stress.

  • Mencegah wasir

Wasir merupakan terjadinya urat bengkak diarea anal walau tidak berdampak pada kematian, penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah bisa sangat menyiksa karena sangat sakit. Wasir umumnya disebabkan oleh terlalu banyak tekanan didaerah panggul dan dubur. Serat dapat mengurangi mengejan terlalu ekstrim saat pergi kekamar mandi dan dengan semikian membantu meringankan wasir.


Manfaat buah apel untuk diet

Manfaat apel untuk diet merupakam hal yang paling terkenal dijagad raya ini, ya termasuk negara kita Indonesia. Bagaimana apel membantu diet harian anda agar sukses ? Cara kerja apel membantu diet hampir sama dengan beras merah yaitu dengan kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah ini membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung kita

Lalu apa hubungannya ? ini akan sulit membantu agar asupan makanan / nafsu makan makanan berkalori tinggi dapat kita minimalisir. Ketik lambung terdapat glukosa, lambung merasakan lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan


Setelah makan rasa lapar tadi otomatis akan hilang , dan disinilah peran dari serat apel untuk lebih lama bertahan dilambung dan membuat rasa kenyang lebih lama pada lambung sehingga anda tidak akan merasa kelaparan. Tenang, apel tidak memiliki kandungan lemak, dan kaya serat jadi aman untuk diet dan usus. 

Semua buah memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita , namun yang perlu anda ingat adalah, cara atau pola makan anda harus benar-benar teratur. dan itulah mengenai manfaat buah apel , semoga bermanfaat,,,,,salam sehat ......Admin

Ingat !   Masalah BUAH, SAYUR, dan DAUN  buahote.blogspot.co.id  kuncinya ! )

0 Response to "Manfaat buah apel untuk kesehatan , dan apel untuk diet | apa manfaat apel ?"

Post a Comment